Pages

Friday, April 15, 2016

Reviewing My Wedding Vendors! - Edited!!

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh :---)

Apa kabar semuanyaa? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan senantiasa diberikan rizki halal nan berkah dari Allah SWT yaa. Yang sedang diberikan ujian, semoga ujian tersebut menjadi penghapus dosa dan peningkat rasa syukur kepada Allah SWT. Aamiin ya Allah. Tuh, enak kan kalau segala sesuatunya dimulai dengan berdoa bersama? Hihihi.

Jadi, sesuai dengan janji aku pada postingan sebelumnya, kali ini aku akan review semua vendor yang terlibat dalam pernikahanku. Mungkin postingan ini jadi agak panjang ya.. Soalnya aku khawatirnya kalau dipisah, aku malah males nulis lagi...... Nanti malah jeda antara postingan ini dan postingan sebelumnya jadi terlalu lama. So, is it OK for you? :--)

--------

UNDANGAN
Jadi ceritanya aku bikin dua undangan nih, undangan fisik dan e-invitation. Undangan fisik kubuat sebanyak 600 pcs di Duta Graphia, Pasar Tebet Barat. Udah ngerti lah yaa Pasar Tebet di manaa hehe. Duta Graphia ini memiliki paling banyak tenant di Pasar Tebet ini. Bahkan usut punya usut, ternyata banyak juga tenant lain yang tempatnya nyewa ke empunya Duta Graphia ini.. Empunya Duta Graphia orang Aceh asli loh. Ku sempet ketemu langsung sama pemiliknya gara2 waktu pengerjaan ngaret dari jadwal yang dijanjikan. Jadi ibu mertuaku (dulu masih camer) marah2 gitu ke dia... Hahahaha maafin ya bapaaak..



Tanpa gelar akademik, soalnya bukan undangan seminar :p


Maafin ya kalo gambarnya jelek... Difoto pakai kamera HP biasa soalnya hehe. Ini aslinya elegantly simple loh. Warna sampulnya cokelat keemasan dan ternyata covernya dilaminating gitu. Aku aja copot-pasang label tapi covernya ga rusak. Udah gitu di bagian namanya itu semacam diapain ya.... Pokoknya kayak ada kesan ditutup kaca, padahal itu terbuat dari plastik keras gitu.. Teknik pengerjaan covernya kali ya yang bikin mahal, dalemannya sih standar2 aja.. Tapi dengan undanganku yang kayak begini, banyak yang bilang kesannya kayak royal wedding haha. Berarti emang bener kalau undangan itu adalah first impression bagaimana pesta kita nanti. Walaupun dalam kasusku, aku sama sekali ga bermaksud bikin royal wedding. Ya keleus, emang aku siapa? Haha.

Nah untuk e-invitationnya, especially made by my (soon-to-be) architect, Durra Zaahira!! Durra is also my one and only sister jadi tanpa penjelasan panjang lebar pun dia udah tau aku maunya kayak gimana hihi. Durra ini juga yang buatin bridesmaid cards aku looh!! Sister knows best! Hihi.





Keren kaaan? Hihi. Adikku ini juga buka layanan jasa graphic design looh. Kualitasnya mah jangan diragukan deh. Anak semester 6 di jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Indonesia! (^,^)

DUTA GRAPHIA
Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan
021 8354256, 021 8350647
Price: Rp14,000/pc for 600 pcs
Performance Score: 9/10
Less 1 point because it didnt meet the deadline

SOUVENIR

Ini dia souvenir yang bikin aku jatuh hati pada pandangan pertama, tetapi sempat bikin dag-dig-dug karena ga ready stock untuk tanggal 3 April! Huhu. Sempat ingin berpindah ke lain hati, tapi ora iso... Kita suka banget sama coaster (tatakan gelas) bergambarkan loro blonyo yang ndut kayak aku ini haha. Ini susah banget dimintanya! Bahkan awalnya pihak Fine Souvenir agak sangsi karena takut ga bisa memenuhi ekspektasi kita. Usut punya usut, ternyata pengerjaan souvenir mereka sebagian besar dari China loh! Akhirnya setelah tim marketing Fine berdiskusi langsung dengan owner, mereka menyanggupi!!! Yeaaay! Tapi dengan perjanjian bahwa jika dalam kurun waktu H-1 bulan ternyata mereka ga bisa siapkan, kita harus bersedia mengubah souvenir.. Oke deeh!!! Ternyata H-3 bulan pun udah ready dan bisa diambil semuaaa! Yeaaay!! Bahkan thank you notes nya aja belum jadi karena undangannya belum jadi hahahaha.

Fine Souvenir ini lucuk2 dan antimainstream semua loh souvenirnya! Harganya juga masih bisa diterima kantong lah yaa. Dan mereka free pemasangan thank you note! Ini PR banget loh, soalnya kalo di salah satu toko souvenir di Cipinang tidak menyediakan jasa pemasangan thank you note. Ya bayangin aja masangin thank you note sekecil itu satu2 ke souvenirnya.... Fine Souvenir juga menyediakan jasa delivery, tapi kalo yang ini ga gratis yaa! Hehe. Oh ya mereka juga free cute packaging! Kalo aku packaging nya mika dan pita aja biar simple :--)

FINE SOUVENIRE
Boulevard Timur ND1 #26
Kelapa Gading, Jakarta Utara
089 656 959 757
LINE & Instagram ID @finesouvenir
Price: Rp8,000/pcs for 800 pcs
Performance score: 10/10 PERFECTO!

VENUE
Mandira Ballroom, haaaaaaaa. Aku cinta sekali kepada tempat ini. Setelah jatuh cinta pada pandangan pertama pada Sasana Kriya, akhirnya kesampean juga menikah di sini hihi. Padahal dream wedding venue aku itu Patrajasa loh! Tapi semua berubah setelah aku melihat Sasana Kriya hahahahaha. Udah gitu ya, alhamdulillah setelah acaraku itu tidak ada acara malam! Jadi kata Mas Fery, entah kenapa tiba-tiba penggunaan Mandira Ballroom tanggal 3 April acara malam itu dibatalkan. Artinya apa? UKURAN BALLROOM AKU GA PERLU BERKURANG 3 METEEER!! {{Untuk yang bingung, coba baca postingan aku tentang Sasana Kriya yaa}}

Seneng banget ga sih, kami jadi pakai full ukurannya Mandira Ballroom yang gede banget itu. Kita pun ga usah terburu-buru untuk segera pergi dari situ setelah acara selesai hahahaha. Ambience nya Sasana Kriya juga aku suka banget. Lighting dari lampu gedungnya mewah banget, AC nya dingin, full carpet dan bersih, dinding marmernya bisa buat ngaca, prehall nya masih keliatan baru dan bersih banget, ruang rias khusus pengantin luaas banget sampe sodara-sodara pada ngetem di situ zzz, ruang rias keluarga juga besar sekali. Alhamdulillah ya Allah semoga ini suatu tanda keberkahan dari-Muuu.. Karena tamuku itu masih pada datang loh walaupun udah jam 1 juga.. Foto-foto aja belom kelar parah banget hahahaha

Tapi yaaa, kita janganlah ya bahas dari sudut positifnya aja. Aku juga mau bahas dari sudut negatifnya. Apa aja? CHARGE! Ih sumpe ye Sasana Kriya ini ngecharge ke vendor mahal banget jadi kita kena imbasnya deh huhu. Terutama kalo kinerja vendor jadi kurang baik karena kepotong banyak buat charge! Apalagi kalo vendor kasih treatment ke klien berupa bonus2, itu mereka harus dikasih tau dan katanya sih ada charge buat bonus itu! Ih gile ye parah banget.. Udah gitu kunci kamar rias aja ada chargenya hellooooo tanggung jawab kalian kali.... kelemahan selanjutnya adalah tidak terpantaunya jika ada tamu TMII yang sembarangan masuk buat numpang makan! Ini udah kejadian di aku.. Pengunjung TMII non-undangan masuk aja gitu sok-sokan nulis daftar tamu dan masukin amplop yang isinya tisu-tisu karena emang kaga ketauan satpam jugaaa :"(

Lalu masalah tiket masuk! ELAAAAAAH KAGA KASIAN APA SAMA TAMU-TAMU PERNIKAHAN YANG DISURUH BAYAR TIKET MASUK JUGA???? Malu-maluin tauk. Belom cukup apa keuntungan kalian dari harga sewa gedung yang mahal banget itu??? Lagian kemungkinannya sangat kecil bagi tamu undangan pernikahan untuk main wahana setelah datang ke pesta. HELLOOOO PAKE BAJU KONDANGAN KALIIIIII zzzz Emang sih tamuku ga ada yang ngeluh langsung di depan aku, tapi kan ada beberapa orang yang langsung nanya di awal terkait bayar-ngganya mereka. Ih malu-maluin banget sungguh deh kalo ngadain pesta di TMII :"(

MANDIRA BALLROOM, SASANA KRIYA
Jalan Pintu Utama TMII, Jakarta Timur
Web: www.sasanakriya.com
Price: Rp26,500,000/4 jam +++++++++
((Lihat rincian di postingan2 sebelumnya))
Performance score: 8/10
Less 2 points because the flaws I've mentioned (and of course, THE MAJESTIC PRICE)

WEDDING DRESS
Jadi, karena Sanggar Liza tidak menyediakan busana akad, mau tidak mau saya harus sewa (lagi) atau bikin sendiri. Dan bundaku memutuskan untuk bikin saja sekaligus dengan busana-busana (akad-resepsi) orang tua, among tamu, sodara-sodara, dll. Karena tema akad bernuansa islami, jadi aku memutuskan untuk memakai dress semi-gamis berwarna broken white. Kami jahit di penjahit langganan Ibu Mertua yang namanya Dani. Well, sebenarnya beliau ga punya nama butik resmi sih. Jadi aku namain aja DANI MODISTE. Hehehehehehe.

Aku awalnya agak kecewa dengan Mba Dani karena ternyata dia hanya bisa jahit dan tidak bisa bikin desain.. Huhu jadi aku diminta untuk cari model yang ku mau. Aku pilih dari Instagram seorang desainer terkenal yang bajunya baguuuuuus banget. Mungkin karena si modelnya juga bodinya bagus kali ya, jadi dia bagus banget juga. Oke, sepakat aku mau model yang seperti itu dengan buntut lepasan. Artinya aku bisa pakai dress itu dengan atau tanpa buntut. Secara garis besar, dress aku tuh berbentuk 1 piece dengan rok mengikuti bentuk kaki. Jadi bukan typical wedding dress yang roknya mengembang gitu. Nah nanti efek mengembangnya itu akan didapatkan dari buntut lepasan itu.

Ampoooon! Pas fitting pertama itu rasanya aku mau pake baju badut aja deh buat nanti di akad! Ueleeeeek tenan rek hasilnya! Udah mah aku gendut ya, ternyata baju model begitu bikin aku keliatan makin buleeeettttt dan kayak pocong! Bentuk di pinggulnya itu ga pas banget loh di aku karena aku pinggulnya lebaaaar. Huwaaaa aku nyampe rumah nangis tau ga siiiih, sambil nyari2 kemungkinan nyewa dress dari sanggar lain..

Aku bilang tuh ke Ibu Mertua (dulu masih calon) kalo aku ga suka dress nya. Jelek. Ga suka pokoknya. Eh aku malah diomelin sama bundaku huhu. Katanya salah sendiri milih model yang kayak begitu, yang roknya ngikutin bentuk kaki. Aku malah disalahin juga karena ga diskusi dulu sama bunda pas nentuin model. Ya abisan gimana? Bundaku itu orang sibuk banget mana sempet diskusi masalah begitu? Uh, tambah kesel!

Tapiiiiii, semua berubah setelah dress nya mulai ditambahin payetttt! Hahahaha ternyata payet itu ngaruh banget yaa. Mungkin karena pas fitting pertama sama sekali belum dipayet kali yaaa jadi kesannya biasa banget.. Eh setelah sebagian dipayet jadi mulai keliatan bagusnyaaa! Udah gitu mungkin terpengaruh dari perubahan bentuk badanku kali ya. Terakhir2 itu aku sama sekali ga makan garam dan minyak. ITU BENER-BENER NGARUH BANGET LOH! Tapi ya itu, nyiksa banget dietnyaaa huhu. Padahal maksud awalku diet no-salt dan no-oil itu supaya ku ga bau dan ga banyak keringetan pas hari H loh.. eh ternyata ngaruh banget ke bentuk badan. Haha. Jadi optimis deh!

Untuk resepsi, aku pakai kebaya eksklusif dari Sanggar Liza dengan tambahan charge sebesar Rp4,500,000! Zzzz. Itu kebayanya bundaku yang milih, beliau suka banget sama kebaya itu. Kalo aku sih sebenernya biasa aja.. tapi demi menyenangkan hati orang tua, ya sudah lah terima saja.. Namanya Kebaya Salem Ribiyanti. Sesuai namanya, warnanya salem juga. Pasangannya Salem Ribiyanti ini warnanya salem juga hahaha awalnya si Tito ngambek ga mau pake karena warnanya pink! Tapi setelah dibujuk rayuan maut oleh bunda, akhirnya dia pasrah juga. Hahahaha maafin ya Yoyooot. Kamu tetep laki kok :*
Final fitting seminggu sebelum hari H di Graha Liza

Back detail salem ribiyanti

Peachy Tito! Hihi

Biar kayak di IG orang-orang :p

Hari H sebelum diarak masuk ballroom

Final fitting dress akad di showroom Dani Modiste

It turns out so good and much improved! The tail is revised to be more dramatic. The tail on first fitting was a disaster!!




DANI MODISTE
Jalan Cikoko Timur II, Gang ?, No ?
Cikoko, Jakarta Timur
CP:   0817744097 (Mba Daninya langsung)
Price: I dont know. My mom-in-law paid it as a gift <3 span="">
For additional information, pemasangan payet dan pembuatan bustier dilakukan di vendor terpisah sehingga masing-masing punya harga sendiri.
Overall dress performance score: 9/10.
Less 1 point for not being able to design.


MAKEUP
SIAPA LAGI KALO BUKAN DARI SANGGAR LIZAAAA? Hahahahaha. Cita-citaku banget pake Sanggar Lizaaa, alhamdulillah berjodoh walaupun dapetnya "cuma" Ibu Ami. Tapiiiiiii, dengan harga yang paling ringan aku bisa dapat tampilan sekelas Ibu Lizaaaa hahahaha ((bagi yang belum ngerti, bisa baca postingan khusus aku tentang Ibu Ami)).

Ibu Ami ini super duper baik banget deh. Walaupun aku telat sampai hampir 1 jam, tapi beliau bisa selesai tepat waktu. Daaan, beliau ga berhenti-hentinya baca solawat tiap kali menyentuh mukaku. Masya Allah....... Ih, Bu Ami dan timnya ini udah tidak diragukan lagi deh pokoknya. Udah mah supel semua, jadi ga ada bosannya sama sekali. Apalagi pas lagi retouch makeup dari akad menuju resepsi, aku sempet kesel tuh karena tiba2 di ruang rias ku jadi banyak banget orang. Risih aku jadinya dan berisik banget! Tapi Bu Ami ini nengangin akuuu hiks hiks seneng banget.

Bundaku, ibu mertuaku, sodara-sodaraku yang dirias sama tim Sanggar Liza juga jadi cantik-cantik semuaa! Bahkan ternyata mereka sediain kain lebih jaga-jaga jikalau ada yang tiba-tiba mau pinjam kain. Tapi ya kalo mau tambah-tambah itu mahal kenanya.. Sodaraku aja pasang hijab biasa kena Rp150ribu zzz. Tapi proses pengerjaannya pun cepat dan rapiiii banget. Aku aja takjub ngeliat mukaku dan muka sodara-sodaraku sendiri. Ternyata kita bisa cantik juga hahahahahahahaah.

Karena jatah makeup dari Liza untuk among cuma 6 orang, jadi aku hire freelance MUA untuk merias sodara-sodaraku. Freelance MUA nya ya teman SMA aku sendiriii hihi namanya Dahana Savitri, panggilannya Dana. Masih baru jadi freelance MUA, masih harus banyak belajar, jadi harganya belum terlalu mahal. Dana dibantu oleh mamahnya untuk memasang hijab/hairdo dan dibantu "asisten"nya which is teman SMA aku juga. Aku awalnya ambil paket Rp1,600,000/10 orang tapi kenyataannya nambah lagi 4 orang hehe. Tambahannya itu cuma kena Rp150ribu/orang. Recommended deh buat yang mau tambah-tambah MUA untuk sodara-sodara!!

Aduh, jazakumullah khayran katsiran deh buat tim Liza dan Tim Dana! Semoga semakin sukses ya kalian semua! Semoga bisa bekerja sama lagi di lain kesempatan! :---)



With Ibu Ami <3 p="">



SANGGAR LIZA
Graha Liza, Jalan Asem Baris Raya No.11A
Tebet, Jakarta Selatan
021 837 817 85
Email sanggarliza@gmail.com
Price: Rp22juta (+kebaya ekslusif, +kirab)
Performance score: 9/10
Less 1 point because my veil was down to the back of  my head so it looked ridicilous and my bang was appeared... probably because the veil was too heavy.

DAHANA SAVITRI
Pondok Kelapa, Jakarta Timur
081213708723

DEKORASI
1 kata buat Mitra Sekar Utama: KECEWA

Bagi kamu yang udah sering melanglangbuana di blog aku, pasti merasa deh kalo postingan tentang MSU ini berbeda. Udah diubah ya, Ra? Ya, sudah :-)

Aku memang super kecewa dengan MSU, tapi itu tidak bisa menjadi alasan untuk merendahkan hasil kerja keras beliau walaupun aku tulis di blog pribadi aku. Blog pribadi bisa dijamah oleh Google kan? Dan yang baca postingan ini udah hampir 1000. Semakin lah aku merasa bersalah, ada yang salah dengan tulisan aku..

Awalnya aku tersadar saat mengunjungi Facebook page salah satu vendor aku. Di situ ada unsatisfied client yang sedikit merendahkan vendor tersebut saking kecewanya dengan performa mereka. Ternyata apa? Hal tersebut disanggah abis-abisan sama jubir vendor tersebut dan si klien diminta untuk mengirimkan permintaan maaf dalam kurun waktu 3x24 jam! Uceeeeettt!

Sejak saat itu lah aku tersadar bahwa Allah menyadarkanku kalo aku salah :"(

Harusnya ga begitu caranya me-review kerjaan orang. You can say somebody is wrong, but do it without humiliating. Apalagi kalau review tersebut sampai menjatuhkan bisnis mereka. Kamu mau bertanggung jawab? Aku mau bertanggung jawab?

So, di sini aku akan memperbaiki tulisanku. Aku juga sudah secara personal Whatsapp Mba Anti permintaan maafku dan aku berjanji akan mengubah review ku. Tinggilah tanpa merendahkan orang lain.. pelajaran, buatku dan buat kamu :-)

Ya, aku kecewa. Mba Anti juga sudah memahami bahwa banyak yang salah di nikahanku. Beliau sudah minta maaf di Whatsapp dan berjanji akan terus memperbaiki dirinya. Apa saja yang salah? Desain pelaminan tidak seperti grand design. Banyak perbedaan antara perjanjian dan kenyataan. Kursi pelaminan bukan seperti yang tertulis di perjanjian. Mini gardennya ga cantik, terlalu sepi dan sangat terlihat seperti styrofoam. Standing flowernya juga biasaaa banget. Bunga-bunganya sedikit sekali... Pohon maple juga ditaronya di prehall, padahal kami mintanya taro di dalam. Lighting pelaminan warna biru, padahal kita mintanya warna muda. Pergola tidak sesuai dengan perjanjian. Lalu aku minta dibikinkan timeline board, tapi ternyata dibuat dengan tidak bagus, tulisannya kecil, miring, dan ditaruh di backdrop photobooth which no one could see it. Yang paling parah menurutku adalah aku tidak diberikan flower bouquet.. padahal bouquet itu tertulis jelas sebagai bonus di quotation pertama saat aku minta price list ke Mba Anti.. :-(

Memang sih, ga banyak orang yang ngeh sama dekor. Tamu-tamuku bilang bagus-bagus aja. Tapi sebagai klien yang sudah bayar lumayan mahal, boleh dong kita dapet apa yang sudah dijanjikan kepada kita?

Yah, untungnya white rose carpetnya ga dicopot selama acara sih. Tapi mbok yo jangan bopeng-bopeng gitu, ga diperbaiki dulu emang?

Ternyata di bawah meja akad itu bolong...

Perasaan perjanjiannya sanggup untuk taro white rose carpet di area photobooth. Terus itu kenapa timeline board ditaro di situ?Emang keliatan dari foto? Mana miring2 tulisannya... :-(


Maple nya kenapa ditaro di prehall :"(

Ternyata awalnya timeline board ditaro di deket pohon ya.... baru nyadar kalo tulisannya ga indah ya jadi "diumpetin" di backdrop photobooth?

Who still use blue lighting for the stage? Jadi gelap semua foto temen2ku :(

This is not the stage according to the grand design. The chairs are not like that, supposedly :""(

This is not pergola worth 2,5million more..

Mejanya sepi amat sist?

Where was the flower bouquet you promised me? The thing that was clearly written on the quotation as a bonus you gave me freely :""""(

This is not the stage we literally want! We want soft lighting! Not this stingy blue lighting :"""(

This was nice because my friend's phone was sophisticated!

Temanku metik-metikin bunga (setelah acara selesai) dan dirangkai jadi 1 biar kayak bouquet, buat dikasih ke aku!! Segitunya banget kan ya ga ada flower bouquet :"""""""(

Karpet panggungnya warna abu-abu...... untung kuat, kalo kaga mah udah jadi poin minus lagi.. Liat tu mini gardennyaaa. Jelek bener kalo diliat dari atas pelaminan! :"""(
Look at my veil! It was sliding back! -__-

MITRA SEKAR UTAMA WEDDING
CP: Mba Anti (083897775123)
Price: Rp50juta + 2,5juta for pergola we never had
Performance score: 5/10!

CATERING
HANDS DOWN TO DWI TUNGGAL CITRA! Everybody, literally everybody, cant stop talking about how good you are! Woohooooo! Semua kekecewaanku terhadap Mitra Sekar Utama hilang terhapus oleh DTC. Rasa? Luar biasa! Dekorasi? Mempesona! Kerja sama? Tidak diragukan!! Semua sesuai dengan perjanjian, baik yang tertulis maupun tidak tertulis!

Dekorasinya rame banget sehingga sangat membantu dekorasi Mitra Sekar Utama. Terutama bunga T & Z nya itu udah kayak favorite place to take picture! Hihihi. Semoga para tamuku ga inget kekurangan-kekurangan yang ada di acara pernikahanku karena DTC ini yaa. Aamiin ya Allah. Mungkin akan ada ulasan khusus mengenai menu DTC yang ada di wedding ku yaa. Doakan semoga aku ga malas dan masih ingat menu apa aja yang ada di wedding aku hehehehe. Satu hal yang lasti, THE LASAGNA WAS TO DIE FOR!!! Sungguh enaaak banget! Belom lagi aku menemukan lasagna seenak itu!! Masih sisa banyak kan ya, jadi aku dapet sekotak gitu buat makan malam di malam pertama di Hotel Santika. Hahahahahaa. Makanya Lasagna DTC akan terkenang seumur hidup deh! :-D

Rasanya mah udah ga perlu diragukan yaaa. Banyak buanget yang MAKAN SEMUANYA, udah ga tau deh kenyangnya kayak apa hahahahaha. Aku aja sama sekali ga sempet minum apalagi makan huhu. Ternyata sama pihak DTC udah disiapin khusus pengantin di meja VIP, semua makanan tersedia di meja tersebut. Jadi begitu pengantin turun panggung bisa langsung ke ruang VIP tanpa perlu mengantri akan langsung dilayani. Sayangnya aku sudah terlalu capek dan tidak ingat makan hahaha. Begitu turun panggung, yang aku ingat hanyalah berganti baju dan menghapus makeup~

Sayangnya ku ga punya banyak foto tentang catering yaa. Mungkin nanti yaa pas udah dapet file dari vendor Photography :--)

Super in love with the T Z flower!

DWI TUNGGAL CITRA CATERING
Contact person: Wayla (marketing, 081219449396)
Price: i dont know the exact number..
Performace score: can I say 12/10?
Too flawalessly perfect I can hardly score it just 10!!!

ENTERTAINMENT
Nah ini dia vendor yang aku ga tau pasti gimana performance nyaaa hahahahahahaa. Lah abisan bagaimana? Aku sama sekali ga sempet denger mereka nyanyi! Yang jelas Mas Dede supeeeer baik!!!! Dia kasih bonus bass ga bilang-bilang! Tau-tau pas hari H ada bass!!! Hahahahaha mungkin terlalu sepi yaa paket yang ku ambil. Tapi emang konsepnya slow jazz gitu jadi orang2 ga perlu teriak-teriak ngomongnya...

TAPI, AKU HANDS DOWN BANGET BUAT MC NYAAAAA!!! PAK HARI DARI TAMAN MUSIC!! YOU ROCK!!! Hahahahahahaa. Pertama dia bisa nyondro, jadi kita ga perlu sewa lagi buat nyondro. Kedua dia bisa ngimbangin acara yang ancur berantakan karena ga ada WO. Acara jadi ga jelas, semua vendor yang terlibat tidak diworo-woro ke tamu karena ga ada yang menginformasikan, susunan acara kacau balau, wah parah deh.. Sebenernya acaraku ini kalo dari segi jalannya acara ini ga jelas banget loh hahahaha. Ketiga dia bisa ngatur situasi ketika yang mau foto banyak tapi dia ga ada yang bantu karena koordinator acaraku tiba-tiba kabur karena ada acara partai(???). Untung dia sodara sendiri, kalo bukan mah......... Keempat dia rela selesai ga tepat jam 13 karena membludaknya orang-orang yang mau minta foto. Ah pokoknya TOP BGT deh Pak Hari! Bersedia juga untuk ketemuan di rumahku untuk bahas masalah teknis (walaupun ga jadi gara-gara koordinator acaraku tiba-tiba ada acara partai zzzzz). Dia juga udah standby dari jam 7 pagi meskipun acara ngaret baru mulai jam 8! Luar biasaaaaaa.

Pak Hari membelakangi kamera

Taman Music memfasilitasi teman

TAMAN MUSIC ENTERTAINMENT
CP: Dede (marketing, 081902207684)
Price: Rp12juta (including MC akad dan resepsi)
Performance score: 9/10
Less 1 point for not being excited during the performance :"(

PHOTO-VIDEOGRAPHY
Guys! I've made a super big mistake because of my ignorance!

Jadi begini ceritanya, seperti telah ku jelaskan sebelumnya bahwa Tito Photo tidak rekanan dengan Sasana Kriya walaupun aku sudah ambil paketan hingga ke wedding segala. Nah pihak keluarga suamiku itu takut jika ke depannya ada masalah sehingga mereka merekrut lagi vendor digital yang rekanan dengan Sasana Kriya. Aku seharusnya sadar, karena vendor ini sudah hadir ketika technical meeting 2 minggu sebelum acara. Tapi aku ga ngeh. Ga ngeh sama sekali.

Jadi tuh yang selama ini aku ceritakan bukanlah mengenai Tito Photography, tapi Luna Photography! Super big mistake! Why do I just realize this now? Because just yesterday my husband unintentionally read my blog and told me I was wrong! I shouldnt be reviewing Tito Photo, because it's all Luna! OMG......

Aku benar-benar minta maaf kepada semua pihak yang mungkin merasa dirugikan akibat postinganku ini. Aku benar-benar minta maaf akibat keteledoranku yang mungkin saja menjatuhkan. Aku ga tau sih apakah benar-benar menjatuhkan atau tidak, karena sampai saat ini belum ada laporan apa-apa yang masuk ke aku. Aku juga sama sekali belum pernah berhubungan lagi dengan Sasana Kriya jadi aku ga tau gimana kelanjutan ceritanya.

Reviewnya sebenarnya sama aja, tapi ini review tentang Luna Photography

Jadi tu kru mereka ontime banget! Jam 6 udah ada di venue! Bahkan kru yang bakal ngeliput suamiku di Hotel Santika juga jam 6an udah sampe hotel. Aku masih dirias dan Mas Video (lah ku lupa namanya siapa) udah mulai ambil-ambil video untuk keperluan same-day edit. Dia jago banget ngambil angle-angle nya sehingga keliatan dramatis. Kita ngobrol banyak banget jadi aku tau kalo dia itu orang Ternate asli yang merantau ke Jakarta. Dia cerita ke aku, Bu Ami, dan Mba Watin (asistennya Bu Ami) gimana susah dan mahalnya dia kalo mau pulang kampung dsb.. Enak banget jadi ga canggung! Aku juga minta dia untuk ambil shoot yang lucu-lucu biar kesannya rileks. Padahal maaah, deg-degan bingit broooo.

Nah kalo kru fotonya datengnya agak lama nii, mungkin sekitar jam setengah 7an kali ya. But it's OK. Ga terlalu berpengaruh kok hihi. Nah si Mas Foto ini juga orangnya enak banget! Ternyata dia kelahiran sama kayak aku, kelahiran 1991 dan rumahnya di Duren Sawit juga. Wah cerita-cerita banyak deh kita pokoknya udah kayak temen sendiriiii. Mungkin karena pertemanan yang sudah kita bangun sejak awal ini kali ya, jadi performance mereka sangat baik! Dia ngasih kode-kode kalo lipstik aku mulai mencong, ngasih pujian tiap kalo aku udah nanya, "Kerudungku masih bagus ga? Aku masih cantik ga?" Hahahahahaha manten wanitanya streeessss. Terus apalagi yang minta foto banyak banget, wuih sabar banget merekaaaa. Kasih aba-aba segala macemnya sabaaar banget. Padahal kru mereka lumayan banyak sih, tapi si Mas Foto ini kayaknya leadernya deh.

Hasil same-day edit yang ditampilin di screen juga bagus banget kata para tamu. Kualitas videonya HD dan ga pecah, konsep videonya ngalir, bikin baper pada pengen kawin, tapi tetep aja akunya pecicilan! Hahahahaha. Tepuk tangan banget buat kru yang ngedit video hingga bisa langsung ditampilkan 2 jam setelah prosesi akad selesai! Luar biasaaaa! Coba perempuan, ku peluk deh tuh semu krunya! Hihi.

Inti dari vendor fotografi dan videografi kan hasilnya nih ya.. Nah itu aku ga tau deh nanti hasil-hasilnya gimanaa soalnya ku belum dapet file nya. Ku pengen banget minta same-day edit videonyaaaa soalnya waktu itu pake laptop mereka kan untuk menampilkan video, jadi kita belum sempat minta file nya huhu ini nih ga enaknya ga ada WO :-(

Kru utama ya 3 orang ini aja, yaitu 1 photographer, 1 asisten photographer dan 1 videographer

Cuma 3 orang ternyata kru utamanya, kru lainnya itu untuk edit video, teknisi untuk pemasangan screen, kabel, dll. Tapi hands down banget buat 3 mas itu yaa!!! :-)

Mengambil video dari segala sudut agar hasilnya dramatis. Full HD jadi ga pecah ketika on 3x4 screen

Peralatannya sederhana, cuma ada lampu untuk netralisasi warna lighting biru di panggung. Ga ada jimmy jib apalagi drone! Jadi mereka harus lari sana lari sini haha. Tapi itulah yaa seninyaa :--) semoga kalian ga cuma shooting pelaminan aja yaaa. Semoga para tamuku dicandid dan divideokan. Aku ga tau sih, ga sempet nengok-nengok nyari tau kalian di mana haha

Mas Foto mengarahkan gaya sepasang manten yang mati gaya-~~


Mengambil video dan foto dari mana saja.. all access pokoknya mah hahaha

For you who wants to watch my same-day edit video, please kindly go to This Youtube link. Dont forget to like and share to your friends! :--)

Luna, Super Recommended! :--)

LUNA PHOTOGRAPHY
CS +62 899-8491-000
Price: I didnt know bcs it's on my family-in-law's
Performance score: 8/10
Less 2 points because I haven't seen the result so I dont wanna take a risk to give you this point hihi.

----

So, those are my vendors guys! Hope your eyes are open widely after reading this. You may not concern that I did not hire any fancy vendors because I always believe that a professor was once only a student. However, i really was dissapointed with MSU Wedding. MSU (Mitra Sekar Utama) was originally built from zero by Mba Anti's father who has passed away on February. The kingdom is now handed by Mba Anti and her husband. I think they come from zero all over again, sorry to say. 

I also would like to show my gratitude to my father's bestfriends from Kementerian Keuangan Republik Indonesia who volunteerily served themselves as committee. Picking up Sanggar Liza's crews before 4 am, acting as WO to accomodate VIP guests, dress nicely with black suit, accomodating shuttle cars and HT, etc etc. It might not be perfect and you were not a 100% acting WO, but we were so accomplished, happy, and helped by you. Eventhough my father was not here to compliment the way I look, to hold Tito's hand before Akad, to walk me down the white rose carpet, to see me start a new beggining, he still helped me through his super nice friends! I am so......speechless..

Hopefully this is the sign that my marriage is blessed by Allah SWT. Aamiin ya Allah ya Rabbal 'alamin..

My blog will not be empty now! I will keep on writing as I may be dead, but my writing will not! Hihi.

Thank you guys for loyally reading my blog! Because of your email, your comments on blog, your comments on my Instagram, your out-of-the-blue adding my Line ID (where do you get my Line ID btw???), I am motivated to write again.

Jazakumullah khayran katsiran! Please dont be bored to visit my blog! :--)

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakatuh!