Pages

Monday, May 22, 2017

PLAGIARISM HURTS!

Assalamu'alaykum warrahmatullahi wabarakatuh~

Jadi kali ini diriku bukan mau bahas pregnancy journey dulu yaa.. Diriku mau bahas tentang seseorang anonymous yang secara terang-terangan dan ga tau malu meng-copy semua tulisan saya di blog ini ke blognya dia. Dari awal postingan di tahun 2009 hingga Agustus 2016. Mungkin karena merasa saya sudah ga produktif nulis lagi, sepertinya dia comot lagi tulisan lain dari blognya orang yang terakhir ditulis pada bulan Desember 2016.

Ini dia si blog ga tau malu tersebut

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Ke-busted-an ini bermula dari keinginanku buat nyari tau nasib salah satu vendor wedding yang sangat mengecewakanku di hari yang paling berbahagia itu. Berawal dari searching di Google untuk ubek-ubek review dari customer yang memang makin banyak aja yang kecewa dengan performa mereka. Sampai saking kecewanya, beberapa customer tersebut sampai spamming di semua blog yang ngebahas tentang vendor tersebut. Hahahaha me as well soooo dissapointed!

Akhitnya sampailah pada suatu blog pribadi yang membahas tentang vendor tersebut, yaitu laman ini. Dari opening wordsnya, kok mirip ya sama gayaku. "Oh, berarti ini orang punya gaya penulisan yang sama denganku nih", aku awalnya sama sekali ga curiga dengan author blog ini.

Tapi, tunggu.. tunggu.. ini mah terlalu mirip... semakin dibaca ke kalimat-kalimat selanjutnya, makin ku tersadar bahwa ini mah plagiat!! Akhirnya aku pastikan lagi dengan scrolling ke bawah tanpa membaca, dan ternyata.... JENG JENG JENG! Masa foto-fotonya itu foto-foto aku dan suamiku semua! Wah, kurang ajar nih orang!

Aku pastikan lagi dengan ngebuka blog aku yang membahas masalah yang sama di postingan ini dan ternyata emang SAMA PERSIS, down to the date of being posted! What?????

Makin penasaran, siapa sih ni orang!

Aku cek lagi tuh postingan-postingan dia yang lain dan ternyata..... itu punyaku semua kecuali postingan terbarunya yang bahas tentang BERKAH CATERING (TTTT,TTTTT)


Bahkan sampe postingan pertama dia copy juga di blognya! Ini orang maksudnya apa? Mau pura-pura jadi aku apa bagaimana? Emang blog aku seterkenal apa sih? Wong rata-rata visitor nya aja ga banyak tiap harinya..

Lagipula ya, blog aku ini cuma blog pribadi. Apa sih keuntungannya dia dengan meng-copy semua tulisanku ke blognya dia? Oke lha kalo aku sering bahas tentang statistika (misalnya) dan dia interested dengan statistika, mungkin masuk akal ya dia copy-paste semua isi blog aku. Lha ini???

Bahkan emailku udah di-block sama dia ketika aku bahkan ga tau ada plagiator sehingga aku ga bisa report ke blogger.com maupun ke emailnya dia langsung untuk mengonfirmasi. Ini buktinya.


Gila banget kan? Maksudnya apa coba?? Siapa dirimu sebenarnya?? Apa dirimu adalah seseorang yang pernah tersakiti karena tulisan di blog aku???? Laa illaha ilallah.... blog pribadi aja di-copy itu apa sih faedahnya?

Saking kzl nya, aku sampe screen shot bukti-bukti plagiarisme tersebut dan aku posting di Insta Stories. Ada salah satu followers ku yang juga seorang blogger ngasih tau, bisa jadi dia ini langsung copy HTML karena ga mungkin sampai segala jenis font, margin, urutan fotonya sama kalau hanya sekedar copy-paste.

Dan benar aja dooong, pas aku cek URL foto-foto di blognya, semuanya berasal dari HP aku...................

Makin creepy. 

Well, ternyata copy HTML web (apalagi yang pakai template default dari blogspot seperti diriku) ini mudah sekali saudara-saudara. Aku ditunjukin oleh suami tercinta yang mana adalah orang IT bagaimana caranya copy HTML web template macam blogspot ini. Sungguh, sangat mudah sekali......... Berbekal copy HTML, kita bisa dengan mudah mengaku tulisan orang, sampai kepada tanggal pemostingan dan foto-fotonya lho! Ya ampuuun, kalo gitu apa gunanya kita nulis di blogspot kalo mudah banget dicuri kayak begini...... Apalagi bagi kita-kita yang buta pemrograman HTML yang ngeliat codingan aja kaga ngerti algoritmanya gimana huhuhu ini adalah sebuah pelanggaran hak cipta aaaaaaaa

(TTTTT,TTTTT)

Ya sudah lha ya, nasi sudah menjadi bubur bagiku..

Untuk kamu yang ngerti pemrograman, mungkin bisa upgrade web untuk jadi domain kamu sendiri supaya ga terlalu mudah (tapi bukan berarti ga bisa sama sekali) untuk di-hijack. Bisa juga dengan menonaktifkan fungsi copy-paste untuk blog kamu, tapi ini pun aku ga ngerti gimana caranya karena aku buta pemrograman.. 

Dan yang paling penting: kesadaran bahwa apapun yang kamu unggah di media sosial, hal tersebut sudah menjadi konsumsi publik yang siapapun bisa mengakui kepemilikannya. Jadi, pilih dan pilah lagi konten apa yang sekiranya pantas dan not private enough to be shared on social media. 

Mau posting keseksianmu yang cuma pakai bikini? Boleh, silakan. Tapi jangan salahkan media sosial kalau ternyata fotomu dinikmati dan difantasikan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab di belahan dunia lain. Internet itu ranah global sehingga kamu juga harus berpikiran global.

Buat kulinereview@gmail.com pemilik blog alyndiasuseno.blogspot.co.id, aku ga tau sama sekali dirimu ini siapa, sedang apa, dan maksudnya apa dengan meniru zaraozara.blogspot.co.id ini. Aku hanya berharap kamu tersadar dan segera mendeaktivasi blog mu itu. Apa salahku sih? Apa aku pernah nyakitin kamu secara langsung maupun tidak langsung? Ada beberapa postingan yang sudah tidak layak lagi untuk dibaca dan dilihat lagi, jadi ku sangat berharap kamu mendeaktivasinya. Aku ga bisa report kamu ke blogspot dan ga bisa kirim emailmu, berarti kamu memang sudah niat banget ya buat ngebajak blog aku. Semoga kamu segera diberikan kesadaran ya.

Terima kasih sudah menyadarkanku bahwa dunia nyata lebih indah dari pada dunia maya.







Buat pembaca setia blog aku (kalau ada hahahaha), bantuin aku report blog tersebut ke blogspot yuk! Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.



Jaazakumullah khayran katsiran! :"")